5 Tips Untuk Kamu Yang Baru Memulai Berbisnis Kopi Kekinian

Kopi merupakan minuman populer yang ada di Indonesia, saat ini penikmat kopi mengalami kenaikan secara terus menerus menjadikan peluang bisnis kopi sangat menjajikan untuk dilakukan. Pada saat awal membuka bisnis, orang cenderung bingung dan tidak mengetahui cara apa yang bisa mereka lakukan. Dengan perencanaan bisnis dan strategi yang tepat, usaha kedai kopi yang kamu buat pasti bisa bertahan dan bersaing dengan usaha kopi yang lain.

Berikut 5 tips yang bisa kamu ikuti ketika baru memulai membuka bisnis kopi kekinian :

  1. Ketahui perbedaan bisnismu dengan kompetitor
    Kamu harus tau apa kelebihan dari bisnis yang kamu punya dan apa yang membuat beda dengan kompetitor. Disini perbedaan kelebihan bukan tentang produk saja, kamu bisa melakukan perbedaan dari segi harga, dari segi kualitas kopi yang digunakan, pelayanan yang diberikan, hingga persepsi yang kamu bangun.
  2. Berikan manfaat bukan cuma fitur pada produk yang kita jual
    Fitur produk dapat menyajikan detail dari produk yang kita jual, hal ini penting karena konsumen akan menggunakan fitur produk sebagai dasar pengambilan keputusan. Namun, pemberian manfaat pada produk tidak kalah penting karena didalam manfaat menjelaskan kenyamanan dan atau nilai yang akan konsumen dapatkan untuk ditambahkan di kehidupannya. Untuk itu, jangan terlalu fokus dengan fitur, fokus juga kepada manfaat produk bagi konsumen.
  3. Fokuskan jualan ke spesifik market
    Fokuskan jualan ke target market kamu, dengan kita fokus pada target market maka akan lebih totalitas memberikan yang terbaik sehingga target market merasa puas dengan apa yang dia dapatkan. misal, kopi identik dengan anak muda dimana anak muda cenderung menikmati kopi bukan untuk sekedar meredakan haus namun juga digunakan sebagai bukti mengikuti tren. Untuk itu, sajikan kopi dengan aneka ragam jenis dan tampilan yang menarik.
  4. Bangun kedekatan dengan konsumen
    Kedekatan dengan konsumen dilakukan agar konsumen merasa nyaman dan memunculkan keinginan untuk kembali (repeat order). Kamu bisa mulai dengan menanyakan bagaimana perasaan yang mereka dapatkan setelah mengonsumsi produk kopi kamu.
  5. Luangkan waktu untuk investasi ilmu
    Luangkan waktu kamu untuk bisa berinvestasi dari leher keatas, maksudnya siapkan waktu khusus dalam 1 hari, bisa mulai dengan 15 menit untuk meningkatkan pengetahuan dan skill kamu tentang usaha bisnis kopi. Kamu bisa memulai dengan membaca buku, membaca artikel, atau menonton video konten-konten yang sekiranya kamu butuhkan dan bermanfaat untuk kemajuan usaha kamu. 

So, buat kamu yang sedang memulai berbisnis, lakukan 5 tips tadi untuk meningkatkan bisnis kamu. Buat kamu yang belum memulai bisnis, dan bingung mau bisnis apa, bisa nih mulai bisnismu dengan membuka usaha kedai kopi dan toast kekinian Sure Coffe. Sure Coffe merupakan usaha kopi dan toast kekinian yang cocok buat kamu terlebih harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan fasilitas yang komplit mulai dari booth jualan, peralatan, perlengkapan,bahan baku, sampai dengan tutorial yang mudah dipahami. Untuk info lebih lanjut kamu bisa hubungi Sure Coffee di:

Tinggalkan komentar