6 Manfaat Kopi, Minuman Enak yang Digemari Banyak Orang

Manfaat Kopi Bagi Tubuh
Kopi, Minuman Enak dan Bermanfaat yang Digemari Banyak Orang

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat mulai dari anak muda hingga orang tua. Bahkan, bagi sebagian orang kopi menjadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap harinya, sampai-sampai muncul istilah baru di kalangan anak muda yaitu coffee society (masyarakat kopi) dimana kopi sudah dianggap sebagai suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Sebagai pecinta kopi, taukah kamu darimana kopi berasal?

Asal Usul Kopi

Asal usul kopi sebenarnya masih agak samar untuk diketahui kepastiannya. Namun, tanaman kopi dipercaya ditemukan pertama kali di Ethiopia, salah satu negara yang berada di benua Afrika bagian timur pada abad ke-9 oleh seorang pengembala kambing bernama Khaldi.

Meski begitu, budidaya kopi dimulai di Semenanjung Arab pada abad ke 16 dan terus mengalami peningkatan. Kepopuleran kopi akhirnya mengantarnya sampai ke berbagai negara termasuk ke Indonesia.

Awal Mula Kopi di Indonesia

Kopi datang ke Indonesia setelah dibawa oleh Belanda pada tahun 1696 dalam bentuk tanaman bukan biji. Di Indonesia, tanaman kopi pertama kali di budidayakan di daerah kedawung, perkebunan dekat Batavia. Jenis kopi yang dibawa adalah jenis arabika.

Kesuksesan penanaman kopi di Batavia membuat Belanda memperluas penanaman kopi di berbagai pulau seperti Sulawesi pada tahun 1750, Sumatera Utara pada tahun 1988 dan Gayo pada tahun 1924. Perluasan penanaman tanaman kopi inilah yang menjadi awal kemunculan berbagai jenis kopi di Indonesia.

Selain enak, kopi juga banyak manfaatnya lho bagi tubuh manusia. Apa saja sih manfaat kopi bagi tubuh?

Manfaat Kopi Bagi Tubuh

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa manfaat kopi adalah sebagai penghilang rasa kantuk. Padahal masih banyak sekali manfaat dari mengonsumsi kopi lho guys. Yuk simak penjelasan berikut:

1. Meningkatkan konsentrasi

Kandungan kafein dalam kopi mempunyai sifat menstimulasi kerja sistem saraf pusat. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein dapat meningkatkan kemampuan mental terutama pada kewaspadaan, ketelitian, perhatian dan konsentrasi.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

American Institute for Cancer Research menyimpulkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko kanker endometrium dan hati. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dan polifenol yang terdapat di dalam kopi dapat mempengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Meminum kopi dengan kandungan kafein maupun tanpa kafein dalam jangka pendek diyakini dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh, namun secara jangka panjang justru bisa menurunkan risiko terjadinya terkena diabetes tipe 2 lho. Lagi-lagi kandungan polifenol ditambah mineral seperti magnesium di dalam kopi dapat meningkatkan efektivitas metabolisme insulin dan glukosa dalam tubuh.

4. Menurunkan penyakit jantung

Hasil penelitian dari Atherosclerosis Risk in Communities Study menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih dari 2 cangkir kopi dengan kafein dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 30% dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi.

5. Menurunkan tingkat depresi

Penelitian National Institutes of Health and American Association of Retired Persons menemukan bahwa orang yang me minum 4 atau lebih cangkir kopi sehari hampir 10% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dibandingkan mereka yang tidak minum sama sekali

6. Mencegah pembentukan batu empedu

Pembentukan batu  empedu biasanya disebabkan oleh kolesterol. Kandungan kafein didalam kopi dapat mencegah pembentukan kolesterol yang menjadi kristal di empedu. Kafein dapat meransang kontraksi di kantong empedu dan meningkatkan aliran empedu sehingga kolesterol tidak terkumpul.

Dengan cita rasa yang disukai dan banyaknya manfaat yang bisa didapat setelah menggonsumsi kopi, maka sangat cocok jika kopi dijadikan sebagai ide usaha yang menjanjikan.

Peluang Usaha Kopi

Usaha kopi sangat menjanjikan untuk dilakukan. Ditambah saat ini, penikmat dan pecinta minuman kopi sudah semakin bertambah setiap harinya di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data International Coffee Organization (ICO) pada periode 2020/2021 konsumsi kopi di Indonesia berada di posisi kelima terbesar di dunia dengan jumlah konsumsi mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kilogram.

Kopi bukan hanya sebagai sajian diatas meja namun sudah menjadi teman dikala mengobrol dengan teman, keluarga atau rekan kerja. Selain itu, bersadarkan penelitian yang dilakukan oleh Statista pada tahun 2020, 74% masyarakat lebih memilih mengonsumsi kopi yang disajikan di kafe atau restoran dibandingkan harus membuat sendiri dirumah.

Buat kamu yang tertarik membuka usaha kopi bisa banget nih gabung mitra usaha Sure Coffee, franchise minuman kopi dan makanan toast kekinian yang hybe abis.

Modal yang ditawarkan terjangkau mulai dari 7,9 juta kamu sudah bisa jadi pengusaha. Fasilitas untuk jualan sudah disediakan, terdapat bimbingan usaha gratis, SOP tersedia lengkap dan jelas dan pastinya 100% free royalty fee.

Harga jual produknya terjangkau dengan menu yang bervariasi cocok untuk dinikmati kapanpun tanpa menunggu tanggal muda. Rasanya enak bikin pelanggan ketagihan untuk datang lagi dan lagi.

Sudah saatnya kamu jadi Bos, dan miliki usaha sendiri!

Hubungi kami sekarang juga

WhatsApp   : 0821-3880-4988

Website       : surecoffee.id

Tinggalkan komentar