25 Januari 2024 8:32 am

10 Olahan Biji Kopi Unik Di Indonesia

10 Olahan Biji Kopi Unik Di Indonesia
Tentu saja! Kopi adalah salah satu komoditas Indonesia yang sudah mendunia. Selain disajikan sebagai minuman, kopi juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, lho. Mulai dari menu utama hingga dessert bisa dikombinasikan dengan bahan dasar kopi. Berikut adalah beberapa olahan biji kopi unik di Indonesia:

1. Selai kopi
Selai kopi bisa digunakan sebagai topping pancake, olesan roti, hingga hiasan di es krim. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kopi instan, susu bubuk, cokelat bubuk, gula pasir, tepung terigu, mentega, dan air.

2. Puding kopi
Puding kopi bisa menjadi alternatif puding cokelat, vanila, atau buah-buahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain susu cair, gula pasir, garam, agar-agar putih, Chocolatos coklat, dan Coffeemix instan.

3. Kue kopi
Kue kopi yang dilumuri dengan saus kopi dan krim mascarpone jeruk, tuh, benar-benar bikin ketagihan. Resep olahan kopi yang satu ini hasil kreasi salah satu juara lomba memasak MasterChef Indonesia.

4. Kolak pisang kuah kopi
Kolak pisang kuah kopi bisa menjadi alternatif kolak pisang biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain pisang kepok, kelapa parut, gula merah, air, garam, dan kopi instan.

5. Es kopi pisang
Es kopi pisang bisa menjadi alternatif es kopi biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain pisang, kopi instan, gula pasir, air, dan es batu.

6. Sambal kopi
Sambal kopi bisa menjadi alternatif sambal biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain cabe merah, bawang putih, gula merah, garam, air asam jawa, dan kopi instan.

7. Donat kopi cokelat meleleh
Donat kopi cokelat meleleh bisa menjadi alternatif donat biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu cair, telur, mentega, cokelat batang, dan kopi instan.

nasi goreng kopi
nasi goreng kopi

8. Nasi goreng kopi
Nasi goreng kopi bisa menjadi alternatif nasi goreng biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain nasi, bawang putih, bawang merah, cabai merah, kecap manis, garam, merica, telur, dan kopi instan.

9. Sirop kopi
Sirop kopi bisa digunakan sebagai sirup untuk minuman seperti es kopi, es teh, atau minuman lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kopi instan, gula pasir, dan air.

10. Ayam goreng saus kopi
Ayam goreng saus kopi bisa menjadi alternatif ayam goreng biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain ayam, tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, garam, merica, telur, minyak goreng, bawang putih, bawang bombay, saus tomat, saus cabai, kecap manis, gula pasir, air, dan kopi instan.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0821-3880-4988
Kendal - Jawa Tengah
-
Design by surecoffee 2023