1 Februari 2024 8:50 am

Menu Kopi Untuk Buka Puasa, Memang Ada dan boleh?

Menu Kopi Untuk Buka Puasa, Memang Ada dan boleh?
Minum kopi saat buka puasa boleh-boleh saja, tapi paling tidak dua jam sesudahnya. Hal tersebut disebabkan karena pada sekitar 1-2 jam setelah berbuka, lambung sudah kembali berada dalam kondisi terisi. Selain itu, kafein juga memiliki sifat diuretik, yaitu meningkatkan produksi buang air kecil.
Minum kopi selepas buka puasa juga jauh lebih baik daripada melakukannya saat sahur. Selain faktor sering buang air kecil yang berisiko menyebabkan dehidrasi, seseorang yang mengonsumsi kopi saat sahur juga bisa mengalami kesulitan saat ingin kembali tidur karena kafein juga bisa meningkatkan kesadaran seseorang.

Berikut adalah beberapa olahan biji kopi yang cocok untuk buka puasa ramadhan:

Es kopi susu
Es kopi susu bisa menjadi alternatif minuman manis yang menyegarkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kopi instan, susu kental manis, air, dan es batu.

Kue kopi
Kue kopi bisa menjadi alternatif camilan manis saat buka puasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, gula pasir, telur, mentega, kopi instan, dan baking powder.

ayam goreng saus kopi
ayam goreng saus kopi

Puding kopi
Puding kopi bisa menjadi alternatif puding cokelat, vanila, atau buah-buahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain susu cair, gula pasir, garam, agar-agar putih, Chocolatos coklat, dan Coffeemix instan.

Ayam goreng saus kopi
Ayam goreng saus kopi bisa menjadi alternatif ayam goreng biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain ayam, tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, garam, merica, telur, minyak goreng, bawang putih, bawang bombay, saus tomat, saus cabai, kecap manis, gula pasir, air, dan kopi instan.

Sirop kopi
Sirop kopi bisa digunakan sebagai sirup untuk minuman seperti es kopi, es teh, atau minuman lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kopi instan, gula pasir, dan air.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0821-3880-4988
Kendal - Jawa Tengah
-
Design by surecoffee 2023