13 September 2023 9:00 am

Amankan Minum Kopi Saat Bulan Puasa?

Amankan Minum Kopi Saat Bulan Puasa?
Mengonsumsi Kopi Saat Bulan Puasa
Seperti yang kita tahu bahwa akhir bulan depan (Maret 2023) sudah memasuki bulan puasa. Dimana bagi masyarakat yang beragama Islam dianjurkan untuk berpuasa, baik masyarakat yang ada di Indonesia maupun masyarakat yang ada di berbagai negara di seluruh dunia.

Puasa dilakukan sejak matahari terbit sampai matahari tenggelam atau kurang lebih selama 13 jam dalam sehari dan di lakukan selama 30 hari atau 1 bulan. Selama itu perut manusia tidak akan terisi oleh apapun baik makanan maupun minuman. Oleh karenanya kita harus berhati-hati terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk berbuka puasa.

Lalu, bagaimana jika ingin mengomsumsi kopi saat bulan puasa? Apakah kita harus menghentikan mengonsumsi kopi?

Mengonsumsi Kopi Saat Bulan Puasa

Bagi para pecinta kopi tentu tidak masalah memilih kapan waktu untuk mengonsumsi kopi di hari biasa, namun akan berbeda ketika memasuki bulan puasa karena hanya di perbolehkan makan dan minum di jam selepas berbuka (6 sore) sampai sebelum subuh (jam 4 pagi). Oleh karena itu pasti akan ada sedikit kekhawatiran apakah akan tetap mengonsumsi kopi, terlebih banyak anggapan bahwa meminum kopi saat bulan puasa beresiko buruk lebih tinggi untuk kesehatan lambung.

Jika di minum saat berbuka ditakutkan menyebabkan susah tidur yang berakibat tingginya kemungkinan kita untuk telat bangun pada waktu sahur. Karena memang kandungan kafein pada biji kopi dapat merangsang sistem saraf pusat agar lebih waspada dan tidak mengantuk
Sedangkan jika di konsumsi pada saat sahur, maka dapat menyebabkan manusia lebih cepat dehidrasi karena kandungan kafein bisa menyebabkan orang lebih sering untuk buang air kecil dan meluruhkan semua air di dalam tubuh dengan cepat.
untuk menjawab kebimbangan kapan sih sebaiknya kita mengonsumsi kopi saat bulan Ramadhan, simak penjelasan dibawa ini ya sobat.

Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi
Setiap orang pasti memiliki preferensi sendiri kapan waktu yang tepat untuk minum kopi, biasanya pagi, siang atau sore hari. Jika memasuki bulan Ramadhan sobat tinggal menyesuaikan saja waktunya.

1. Selepas buka puasa
Buat sobat sure yang biasa mengonsumsi kopi di waktu siang atau sore hari dianjurkan mengonsumsinya pada saat selesai menyantap hidangan buka puasa dengan jangka waktu kurang lebih 2 jam. Hal ini dilakukan agar lambung lebih siap menerima asupan kopi setelah perut kosong seharian.
Alangkah lebih baik lagi kamu meminumnya sesaat sebelum melaksanakan ibadah sholat isya’ dan tarawih guna merasakan manfaat kopi saat beribadah agar lebih tenang dan khusyuk tanpa merasakan rasa kantuk.

Namun perlu diingat jangan mengonsumsi kopi melewati isya’. Pasalnya, mengonsumsi kopi selepas isya’dapat menyebabkan sobat susah tidur dikarenakan asupan kafein dapat memblokir zat kimia didalam otak bernama adenosin seperti yang pernah dibahas oleh Sleep Foundation. Selain itu Sleep Foundation juga mengatakan bahwa mengonsumsi kafein pada malam hari justru menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

2. Selepas sahur
Buat sobat sure yang biasa mengonsumsi kopi pada pagi hari maka saat bulan puasa sobat bisa mengonsumsinya selepas menyantap hidangan sahur sebelum waktu imsyak berkumandang.
Lalu gimana kalau nanti siang justru merasa ingin selalu buang air kecil?

Dilansir dari laman AmanahFitness, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa meminum kopi kurang dari 456 miligram tidak signifikan membuat orang jadi sering buang air kecil, oleh karena itu tidak masalah jika dikonsumsi selepas sahur. Bahkan untuk sobat sure yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi maka efek ingin buang air kecil hanya bersifat sementara bahkan hampir tidak akan berpengaruh.

Jadi buat sobat sure nggak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsi kopi saat bulan puasa, justru jika langsung di hentikan akan menimbulkan efek samping lho. Dari laman hellosehat.com menyebutkan bahwa sobat bisa saja merasakan sakit kepala dan tubuh merasa lemas.

Peluang Usaha Kopi
Berbicara mengenai kopi, sobat sure tau nggak sih kalau penikmat kopi di Indonesia rata-rata mengalami peningkatan sebesar 7 persen per tahunnya. Penyebabnya adalah meminum kopi bukan lagi menjadi kebutuhan tetapi juga menjadi gaya hidup dan tren di masyarakat.

Untuk itu, kopi cocok banget nih buat di jadikan usaha yang pastinya menjanjikan untuk jangka panjang.

Buat sobat sure yang ingin memiliki usaha minuman dengan bahan utama kopi namun nggak mau ambil pusing mikirin konsep, dll bisa banget untuk langsung gabung menjadi mitra usaha Sure Coffee. Franchise kopi paling murah, tinggal daftar bisa langsung jualan.

Fasilitas yang bisa sobat dapatkan juga beragam:
1. Konsep usaha matang
2. Tim manajemen profesional dan berpengalaman
3. Mendapat bantuan digital marketing
4. Fasilitas lengkap (perlengkapan, bahan baku, dll)
5. 100% free royalty fee
6. Bukan produk musiman

Apalagi yang kamu tunggu?
Buruan manfaatkan kesempatannya sekarang, mumpung ada promo spesial untuk bulan ini. Booking promo dan informasi lebih lanjut bisa hubungi CS Sure Coffee:
WhatsApp : 0821-3880-4988
Website : surecoffee.id

Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0821-3880-4988
Kendal - Jawa Tengah
-
Design by surecoffee 2023