13 September 2023 9:26 am

Peluang Usaha Kopi di Indonesia

Peluang Usaha Kopi di Indonesia
Peluang Usaha Kopi Kekinian, Menjanjikan dan Menguntungkan

Peluang Usaha Kopi di Indonesia
Mendengar kata kopi pasti yang kita bayangkan adalah hitam dan pahit dengan aroma semerbak yang harum. Meski begitu, kopi menjadi salah satu minuman yang cukup digemari oleh banyak masyarakat di Indonesia dan berbagai belahan dunia. Bahkan Presiden ke-26 Amerika Serikat, Teddy Roosvelt mengatakan bahwa kopi tak dapat dipisahkan karena kopi membantunya tetap aktif dalam menemukan inspirasi.

Kopi sendiri dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin dan bisa di nikmati dalam segala suasana seperti teman saat bekerja maupun saat bersantai.

Seperi yang kita tau bahwa kopi pertama kali ditemukan di benua Afrika bagian timur pada abad ke-9 dan mulai menyebar ke berbagai negara termasuk negara kita, Indonesia.

Indonesia Penghasil Kopi Terbesar di Dunia
Kondisi iklim tropis yang dimiliki negara Indonesia sangat cocok dijadikan tempat penanaman tumbuhan kopi. Tumbuhan kopi berkembangbiak dengan baik dan semakin meluas dari awal ditanam sampai sekarang. Luas area perkebunan kopi di Indonesia mencapai 1,2 juta hektar yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Sumatera Selatan menjadi daerah dengan perkebunan kopi terluas nomor 1 dengan luas perkebunan 250.305 hektar.

Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang menghasilkan kopi terbesar di dunia. Berdasarkan data pada tahun 2020 oleh International Coffee Organization (ICO) Indonesia berada diurutan keempat setelah negara Brasil, Vietnam dan Kolombia. Namun pada tahun 2022 Indonesia naik 1 peringkat mengalahkan Kolombia dan berada di urutan ketiga setelah negara Brasil dan Vietnam.

Total produksi kopi negara Indonesia mencapai 774,60 ribu ton atau 11,95 juta karung per tahun 2020 menurut data publikasi yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), dan daerah yang menyumbang produksi terbesar yaitu daerah Sumatera Selatan dengan total produksi mencapai 201,40 ribu ton.

Tren Minum Kopi di Indonesia
Gaya hidup minum kopi kini sudah menjadi tren bahkan bagian hidup masyarakat masa kini dalam satu dekade terakhir. Bagi anak-anak millennial, kopi sudah bukan lagi minuman penghilang rasa kantuk, tapi minuman wajib yang harus diminum setiap harinya.

Pada awalnya kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia adalah meminum kopi tubruk. Namun sekarang kopi yang diminum sudah beragam, mulai dari kopi susu, mochaccino, americano, cappuccino, affogato dan masih banyak lagi. Selain rasa yang beragam, penyajian kopi saat ini juga menarik. Dimana di bagian paling atas bisa di gambar berbagai bentuk, seni penyajian kopi ini biasa dinamakan latte art. Tempat meminumnya pun beragam, ada yang dirumah, di warung kopi hingga kafe dan restoran berbintang.

Per tahun 2022 kemarin, tren minum kopi sedang mengalami naik daun dan diperkirakan akan terus naik di tahun 2023 sekarang ini. Berdasarkan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional rata-rata tumbuh 8,22% pertahunnya. Tidak hanya di Indonesia, di dunia kopi menjadi salah satu minuman yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Walaupun hanya buah, kopi mempunyai hari peringatan lho sobat, hari kopi di peringati setiap tanggal 1 di bulan Oktober. Peringatan hari kopi ini dilakukan di seluruh dunia, jadi bukan hanya di negara kita saja.

Peluang Usaha Kopi
Sebagai produsen kopi terbesar ketiga didunia serta adanya tren minum kopi di kalangan masyarakat Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya menciptakan peluang besar bagi kopi untuk dijadikan usaha.

Franchise Sure Coffee
Dengan latar belakang tersebut, Sure Coffee hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai franchise minuman kopi kekinian yang memudahkan masyarakat jika ingin membuka usaha kopi namun tidak mau pusing memikirkan konsep sejak awal.

Karena franchise Sure Coffee sudah menyediakan semua yang sobat butuhkan untuk memulai bisnis seperti:
1. Konsep usaha yang matang
2. Manajemen usaha yang berpengalaman
3. Tim marketing yang berpengalaman
4. Peralatan dan perlengkapan lengkap siap jualan
5. Menu yang bervariasi
6. SOP lengkap dan jelas
7. Training karyawan
8. Bahan baku

Dengan banyaknya fasilitas yang bisa sobat dapat, sobat cukup mengeluarkan uang sebagai modal dengan nominal yang terjangkau. Sure coffee mempunyai 2 paket usaha yang bisa sobat pilih, yang pertama

1. Paket coffee only
dimana produknya hanya menyediakan aneka minuman kopi dan non coffee dan yang kedua paket coffee and toast dimana produk yang dijual yaitu aneka minuman kopi dan non coffee serta aneka toast baik yang toast asin maupun toast manis.
Untuk paket coffee only, sobat sure cukup mengeluarkan modal 8 jutaan saja.

2. Paket coffee and toast
sobat hanya perlu mengeluarkan modal sebesar 14 jutaan saja.

Jadi gimana? Kamu minat buka usaha minuman kopi?
Hubungi kami sekarang juga!
WhatsApp : 0821-3880-4988
Website : surecoffee.id


Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0821-3880-4988
Kendal - Jawa Tengah
-
Design by surecoffee 2023