13 September 2023 9:50 am

Tips Sehat Hadapi Puasa Ramadhan

Tips Sehat Hadapi Puasa Ramadhan
Tips Sehat Hadapi Puasa Ramadhan
Bulan ramadhan adalah bulan ke sembilan dalam kalender islam (Hijriyah) dimana pada bulan ini seluruh umat muslim di dunia melaksanakan ibadah ketiga dalam rukun Islam yaitu puasa. Kata Ramadhan sendiri diambil dari kata Ar-Ramadha (الرَّمْضَاءِ ) yang berarti panas.

Puasa Ramadhan
Dikutip dari laman detik.com puasa bulan Ramadhan 2023 jatuh pada tanggal 23 Maret nanti. Penentuan puasa ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Kegiatan puasa dilakukan selama 30 hari dengan waktu puasa kurang lebih 13 jam setiap harinya, mulai dari sebelum matahari terbit (subuh) hingga terbenamnya matahari (maghrib). Selama itu pula umat muslim dilarang untuk mengonsumsi makanan, minuman, termasuk merokok.

Tips Tetap Sehat Saat Puasa
Meskipun sudah terbiasa menjalankan puasa setiap tahunnya, namun pasti perlu menyesuaikan kembali dikarenakan ada beberapa hal yang berubah seperti jam makan, kegiatan fisik, dan lain-lain.

Melaksanakan puasa bukanlah alasan untuk dapat bermalas-malasan, kita dituntuk untuk tetap berkegiatan sebagaimana biasanya. Agar puasa kita bisa berjalan secara optimal, berikut beberapa tips yang bisa kamu persiapkan untuk menghadapi puasa Ramadhan nanti.

1. Jangan lupakan air putih
Saat puasa orang cenderung lebih memilih minuman manis dibandingkan dengan air putih saja. Meskipun begitu, meminum air putih tidak boleh sama sekali dilupakan ya sobat sure. Karena mengonsumsi air putih penting untuk tubuh agar terhindar dari gangguan fungsi pencernaan dan penyerapan makanan dan gangguan lainnya.
Jika memang kurang berselera, kamu bisa mengonsumsi 2 gelas saja perhari (sahur dan buka).

2. Melakukan olahraga ringan
Melakukan olahraga pada saat sedang berpuasa bukanlah mustahil, karena memang berolahraga adalah aktivitas yang menyehatkan untuk tubuh.
Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki, yoga atau hanya sekedar melakukan pekerjaan rumah tangga (mencuci, menyapu, beberes rumah)

3. Menjaga pola tidur
Banyak orang merasa saat berpuasa lebih mudah merasa ngantuk di banding hari biasa. Rasa kantuk yang muncul bukan dikarenakan kurangnya asupan makanan melainkan jumlah waktu istirahat yang tidak cukup.

Pada saat berpuasa, bukan hanya pola makan yang berubah namun juga pola tidur. Karena kita di haruskan bangun pagi hari untuk sahur, sobat sure disarankan untuk tidur lebih awal tidak melebihi jam 10 malam.

Selain itu, sobat sure juga disarankan untuk bisa tidur siang 30-60 menit. Jika sobat sure sedang bekerja, bisa manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang dibandingkan hanya main hp atau game.

4. Hindari makanan dengan minyak berlebihan
Saata berbuka orang biasanya menyediakan gorengan sebagai takjil. Sayangnya, jika sobat sure keseringan mengonsumsi gorengan maka akan membuat tingkat kolesterol dalam tubuh tinggi.
Bukan berarti tidak boleh, hanya saja konsumsi secukupnya atau tidak berlebihan.

5. Membuat rencana menu sahur dan buka puasa yang bernutrisi
Siapa disini yang cukup kesulitan menentukan menu sahur dan berbuka? Karena kelamaan mikir ujung-ujungnya makan makanan instan atau beli makanan seadanya tanpa melihat kandungan nutrisi yang ada.

Padahal, saat berpuasa kita membutuhkan energi yang ekstra terlebih untuk mereka yang aktif melakukan kegiatan di siang harinya, entah bekerja atau sekolah. Oleh karena itu, membuat rencana menu yang bernutrisi untuk sahur dan buka puasa sangat baik untuk dilakukan, agar nutrisi tetap terjaga.

Tetap sehat selama bulan puasa adalah harapan bagi semua orang. maka dari itu sangat penting memperhatikan hal-hal yang terkadang dinilai sepele. selain memperhatikan kesehatan, memperhatikan pengeluaran dan pemasukan saat bulan puasa juga tidak kalah penting.

Pengeluaran saat bulan puasa biasanya cenderung lebih banyak di bandingkan hari-hari biasa. Untuk itu mencari tambahan penghasilan tidak ada salahnya di lakukan. Salah satu cara mendapat tambahan penghasilan adalah dengan membuka usaha sampingan.

Salah satu usaha sampingan yang cocok untuk dikerjakan mendekati bulan puasa adalah usaha minuman dan makanan sure coffee.

Sure Cofffee, Usaha Sampingan Menjanjikan Saat Bulan Puasa
Sure coffee merupakan franchise minuman dan makanan kekinian yang menawarkan paket usaha lengkap dengan modal terjangkau. Semua keperluan jualannya sudah disediakan lengkap, sobat sure nggak perlu pusing lagi.

Tidak hanya terjangkau, minuman dan makanan yang sure coffee sediakan juga beragam dan pastinya bernutrisi. Menu yang dimiliki juga beragam, ada lebih dari 15 jenis varian untuk menu minuman mulai dari aneka kopi, jelly series, dalgona boba dan choco. Sedangkan untuk menu makanan hanya menyediakan toast namun dengan 6 varian rasa yang bisa di pilih.

Sesuai namanya, usaha sampingan sure coffee bisa di jalankan selepas sobat sure bekerja (sore-malam) dengan membukanya di tempat keramian seperti taman kota, pinggir jalan bahkan bisa dengan memanfaatkan halaman rumah lho.

Yuk mulai usaha bareng sure coffee sekarang juga!
Caranya mudah, cukup hubungi Kak Sofi
WhatsApp : 0821-3880-4988
Website : surecoffee.id


Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0821-3880-4988
Kendal - Jawa Tengah
-
Design by surecoffee 2023